Selamat Datang di PT Pertamina Bina Medika

Telepon : (021) 7219031 / (021) 7219299
   Email : info@pertamedika.co.id

Teh Hijau dan Manfaatnya

08 Agustus 2018

Teh adalah minuman yang dikonsumsi hampir oleh semua orang di berbagai penjuru dunia. Salah satu jenis teh adalah teh hijau. Untuk memproduksi teh hijau, daun teh yang baru dipanen segera diproses sehingga menjadi produk makanan yang kita konsumsi sekarang ini.

Teh hijau banyak diminum oleh orang karena teh hijau dipercaya dapat mencegah atau mengobati berbagai penyakit, seperti mencegah infeksi dari virus influenza, membantu menghilangkan stress dalam tubuh.

 Teh hijau mengandung efek yang baik untuk kesehatan karena kandungan-kandungannya yang belimpah. Beberapa kandungan tersebut antara lain:

  • Vitamin
    Teh hijau mengandung beberapa kadar vitamin seperti vitamin C yang bekerja sebagai sumber antioksidan, vitamin E yang juga merupakan antioksidan serta mencegah penuaan dini pada sel-sel tubuh, serta vitamin B kompleks yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh.
  • Mineral
    Teh hijau mengandung berbagai senyawa mineral yang bermanfaat. Kalsium adalah salah satu mineral dalam teh hijau. Kalsium ini bermanfaat dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi. Selain itu, teh hijau juga mengandung zat besi yang sangat berguna dalam memproduksi sel darah merah yang mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Teh hijau juga masih mengandung banyak mineral lain, seperti sodium, magnesium, mangan, zat seng, tembaga, selenium, fosfor, maupun potasium.

Meskipun begitu, konsumsi teh hijau dalam jumlah besar dapat menimbulkan efek samping. Hal ini disebabkan karena beberapa kandungan dalam teh hijau yang dapat mengganggu fungsi tubuh. Beberapa kandungan tersebut adalah:

  • Kafein
    Ketika kafein dikonsumsi, seseorang dapat merasa lebih segar dan lebih bugar. Oleh karena itu, konsumsi kafein yang berlebih akan dapat menyebabkan gangguan pada tubuh seperti pusing, detak jantung bertambah cepat, rasa gelisah, serta insomnia yang menyebabkan kesulitan tidur.
  • Polifenol
    Apabila kandungan polifenol di dalam teh dikonsumsi dalam jumlah berlebih, makan polifenol dapat menghambat penyerapan zat besi oleh tubuh.

Oleh karena itu, seseorang yang menderita penyakit jantung dan ginjal disarankan untuk tidak mengkonsumsi teh hijau terlalu banyak. Ibu yang sedang mengandung dan ibu yang menyusui juga sebaiknya berkonsultasi dahulu sebelum minum teh karena menganggu penyerapan zat besi.

 

sumber : www.sayasehat.id