The UPDATE permission was denied on the object 't_visitor_counter', database 'web', schema 'dbo'. Pertamedika Website

Selamat Datang di PT Pertamina Bina Medika

Telepon : (021) 7219031 / (021) 7219299
   Email : info@pertamedika.co.id

Penyebab Trombosit Turun

24 Januari 2019

1. Trombosit tidak diproduksi dalam jumlah yang cukup

Sumsum tulang merupakan bagian tubuh yang terdiri dari sel stem, yaitu sel yang berperan dalam memproduksi sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit. Ketika sel stem mengalami kerusakan, maka sel darah yang dihasilkan juga rusak. Hal tersebut dapat disebabkan oleh beberapa kondisi, yaitu:

Kanker, seperti kanker darah dan limfoma yang sel kankernya dapat merusak sel sumsum tulang. Selain itu pengobatan kanker juga dapat menghancurkan sel stem.

Anemia aplastik. Penyakit anemia aplastik ini merupakan gangguan sel darah yang langka dan serius.

Paparan bahan kimia beracun seperti pestisida, arsenik, dan benzene dapat memperlambat produksi trombosit.

Penggunaan berbagai obat-obatan, contohnya obat diuretik bisa mengganggu produksi trombosit tubuh.

Infeksi virus, seperti cacar air, gondok, rubella, HIV/AIDS adalah jenis virus yang mampu menyebabkan produksi trombosit menurun.

2. Tubuh menghancurkan trombositnya sendiri

Walaupun sudah diproduksi dalam jumlah yang normal dan cukup, terkadang tubuh bisa menghancurkan trombosit dalam darah sehingga mengakibatkan penurunan kadar trombosit. Beberapa yang menjadi penyebab trombosit turun dalam hal ini adalah:

Penyakit autoimun, di mana sistem kekebalan tubuh justru menyerang sel-sel tubuh yang normal, termasuk sel stem. Contoh penyakit autoimun yang bisa jadi penyebab trombosit turun, yaitu rematik dan lupus eritematosus sistemik.

Obat-obatan, bisa membuat tubuh menjadi ‘bingung’ dan akhirnya menghancurkan sel-sel yang normal. contoh obat-obatan yang memiliki kemampuan ini yaitu quinine, antibiotik yang mengandung sulfa, dan beberapa jenis antibiotik lainnya (Dilantin, vancomycin, dan fampin).

Infeksi, bakteri dan virus yang menginfeksi dan berkembang di dalam tubuh bisa jadi penyebab trombositopenia.

Kehamilan. Meskipun hanya 5% wanita saja yang mungkin mengalami trombositopenia yang disebabkan oleh kehamilan. Penyebab kondisi ini pun masih belum diketahui dengan pasti.

3. Trombosit tertahan di dalam limpa

Dalam keadaan normal, sepertiga dari total trombosit akan ditampung di dalam limpa. Pembengkakan limpa akan mengakibatkan semakin banyak trombosit yang tertahan di dalamnya. Sementara, limpa yang bengkak disebabkan oleh beberapa kondisi medis seperti sirosis atau kanker hati.